Friday, December 07, 2007

Politik 'Saya Tidak Tahu'

Sudah beberapa waktu saya coba praktikan politik ini dan hasilnya memuaskan. Caranya mudah saja, setiap ada hal-hal di kantor yang memang tidak terlalu berkaitan langsung dengan Anda namun entah bagaimana kebetulan saja Anda yang sering dianggap mengetahui segala sesuatunya dan ditanya seseorang, katakan "Saya tidak tahu." Setelah itu, segera berlalu atau sebutkan siapa yang seharusnya mengerjakan hal tersebut.

Saya mengetahui politik yang luar biasa efeknya ini dari sebuah film, sayang tidak ingat judulnya, yang pasti filmnya tentang kisah seputar politik dan para pembantu presiden yang sedikit banyak dimintai pendapat saat ada krisis.

Seringkali kita berpendapat bahwa jika ada rekan yang menanyakan mengenai pekerjaan maka untuk terlihat pintar dan bisa mengendalikan banyak hal, kita merasa perlu untuk memberikan satu jawaban terbaik yang saat itu kita punya.

Padahal, daripada memberikan analisa yang sok tahu dan sok ikut campur, sama sekali tidak salah bila Anda mengaku tidak tahu. Seperti yang dilakukan salah satu penasihat yang senior di dalam film tersebut, di saat yang begitu genting dan penasihat lainnya meminta pendapatnya, dengan berani ia mengatakan: "Saya tidak tahu, saya tidak tahu."

Jadi, saran saya, mulai sekarang jangan malu lagi untuk berkata: "Saya tidak tahu."

No comments: